Sejarah Game Arcade dan Perkembangannya

BIGWIN404 - Pada ulasan kali ini kami akan membahas seputar sejarah game Arcade dan perkembangannya yang mungkin belum kamu ketahui.

Game Arcade sendiri merupakan sebuah mesin permainan yang beroperasi dengan koin dan biasanya dipasang ditempat-tempat umum seperti restoran, bar, bioskop, dan pusat permainan hiburan.
Game Arcade sendiri biasanya berbentuk permainan video ataupu mesin pinbol yang memilki beragam hadiah.

Sejarah game Arcade ini dimulai dari salah satu perusahaan yang bernama Atari. Atari merupakan sebuah perusahaan yang mulai berdiri pada tahun 1972 oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney. Mereka lah yang pertama kali mencetuskan game Arcade, konsol video games, dan komputer pribadi. Namun sekarang perusahaan itu sudah berganti pemilik dimana perusahaan tersebut sudah dimiliki oleh Atari Interactive, anak dari pembuat game Prancis Infoframes Entertainment SA (IESA).

Pada tahun 1984, Atari Inc. terpecah belah dan divisi game Arcade berubah menajadi Atari Games Inc. dan divisi barang elektronik Atari dijual ke Jack Tramiel’s Tramel Techonoly Ltd..
Game Arcade pertama kali berbentuk permainan-permainan di taman bermain seperti menembak, melempar bola ataupun permainan sejenisnya yang mengandalkan koin.

Pada tahun 1930-an mesin pinbol pertama yang pengoperasiannya menggunakan koin muncul yang terbuat dari kayu. Kemudian pada tahun 1977 sebagian mesin pinbol sudah beralih ke mesin elektronik.
Game Arcade bisa dikatakan mencapai kesuksesan pada perkembangan zaman di sekitar tahun 1970-an dan mengalami penurunan popularitas di pertengahan tahun 1980-an. Permainan ini mengalami bangkit sementara pada 1990-an kemudian menurun kembali.

Game Arcade dianggap kurang mampu bersaing dengan konsol perminan video yang bisa dimainkan di rumah dengan beragam jenis permainannya dan biaya yang dikeluarkan lebih murah. Game konsol sendiri sudah muncul pada tahun 1990-an dan permainan game Arcade sendiri sudah tidak diminati oleh kalangan masyarakat.

Setelah membahas mengenai sejarah game Arcade kami akan membahas mengenai beberapa jenis dari game Arcade ini. Ada banyak jenis-jenis game Arcade yang dulu sebelum menurunnya tingkat kepopulerannya dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Permainan Galaksi

Permainan galaksi ialah mesin video game arcade yang operasionalkan dengan koin yang paling awal diketahui oleh orang-orang. Di tahun 1971, game ini dipasang di Universitas Stanford selama kurang lebih 2 bulan sebelum dirilis game Arcade massal yaitu computer space.

Kemudian Bill Pitts dan Hugh Tuck memprogram Galaksi game menjadi versi Spacewar atau perang antariksa, dimana video game awal ini dibuat pada 1960-an di PDP-1 dan diposting di berbagai platform yang tersebar.

Konsep permainan ini ialah, pemain akan menghadapi dua pemain satu sama lain yang masing-masing mengendalikan pesawat luar angkasa dan menembakkan rudal dan bintang yang berada di tengah layar akan menciptakan bahaya yang harus dihindari pemain. 

Game ini langsung menjadi sangat populer dikampus bahkan dengan waktu tunggu sampai 1 jam. Namun game kemudian dihapus pada tahun 1979 setelah mengalami kerusakan pada layar.

Ruang komputer

Selanjutnya adalah computer space atau ruang computer dimana game ini dikembangkan oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney. Computer space ialah game yang mengajak pemain untuk mengontrol roket yang harus menghilangkan dua pesawat luar angkasa sambal menghindari rudal dan peluru didalam permainan. Namun pada akhirnya permainan ini mengalami kemunduran karena kurva belajarnya yang kurang simetris. Sementara Bushnell dan Dabney kemungkinan akan pulih dan mulai melanjutkan sebuah perusahaan kecil yaitu Atari Inc..

Pong

Pong dikembangkan oleh Atari Inc. dan didirikan di tahun 1972. Pong sendiri bukan sebuah pertandingan yang dirilis secara komersial melainkan peluncuran video game ke mainstream. Game ini sebenarnya dibuat oleh Allan Alcorn namun dengan menggunakan ide Bushnell namun sudah dipengaruhi dengan game ping-pong yang sudah ada di pasaran dan disertakan game konsol video game pertama yaitu Magnavox’s Odyssey.

Game Pong sendiri dimainkan oleh dua pemain dengan mengontrol dayung dan di gunakan sebagai alat untuk memantulkan dan melempar bola ke depan dan ke belakang. Pemain harus menjaga bola agar tidak keluar dari layar dan poin akan diberikan kepada pemain yang berhasil membobol pertahanan pemain yang satunya.

Namun Acorn berpikir bahwa permainan tersebut sangat membosankan sehingga dia memodifikasi Kembali dengan lebih menarik. Bola akan memantul di hitbox yang tidak terlihat sesuai dengan arah pantulan bola yang membuat gameplay ini lebih seru. Ia juga menciptakan speed yang bisa ditambah agar pemain lebih tertantang dalam memainkan game ini.

Setelah beberapa bulan pengembangan Acorn ditugaskan untuk menambahkan efek suara pada permainan. Namun, karena keterbatasannya alat sehingga ia tidak dapat menciptakan suara tersebut, ia hanya dapat menciptakan efek suara untuk dayung dan bola menggunakan generator yang terpasang.

Fonz

Fonz sebenarnya game yang bernama Moto-Cross namun namanya diganti dengan game yang dirilis Sega-Gremlin pada November 1976. Secara umum game tersebut masih sama dengan game asli hanya terdapat satu perbedaan yaitu karakter Fonz dari stitkom Amerika.

Fonz sendiri merupakan salah satu perampok Sega didalam bisnis Arcade dan merupakan pengenalan chip logika yang sering dikenal sebagai Sega Fonz Hardware.

Fonz sendiri merupakan game bertema balapan sepeda motor yang paling terkenal dikarenakan game ini memperkenalkan perspektif orang ketiga. Game ini menampilkan jalan bergulir yang terus menerus berubah dengan objek yang lebih dekat ke pemain dibanding ke langit.

Pertarungan Senjata

Gun Fight atau pertarungan senjata dirilis pada 1975 dan dirancang oleh Tomonhiro Nishikado. Game ini didasarkan pada dua coboy tua yang dipersenjatai dengan pemulihan dan bertarung dalam duel.
Permainan ini memungkinkan dua pemain bermain secara bersamaan. Kontroler kiri berguna untuk menggerakkan penembak di sisi mereka yang berada di layar. Sedangkan untuk tangan kanan digunakan untuk mengarahkan pistol kearah yang dituju. Rintangan didalam permainan ini cukup banyak dimulai dari kaktus kereta pos yang bergerak, atau pohon diberbagai sudut.

Gun Fight sendiri sukses secara komersial global. Game ini juga dikenang karena menajdigame yang pertama menampilkan kematian karakter manusia dengan realistis.

Itu dia sejarah game Arcade dan perkembangannya yang mungkin belum kamu ketahui. Kesimpulannya game Arcade pernah sangat diminati oleh masyarakat namun terpaksa harus mundur karena tidak bisa bersaing dengan game konsol. Semoga ulasan mengenai sejarah game Arcade diatas dapat menambah wawasan kalian dan selamat membaca!