Apa itu Game Online?

BIGWIN – Dari sekian banyak game online yang telah diciptakan untuk menemani hari-harimu hingga saat ini, apakan kamu tahu apa sebenarnya game online itu? Dan seperti apa sejarah perkembangannya? Berikut penjelasannya.

Game Online

Permainan daring atau dalam bahasa Inggris disebut dengan game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet yang terhubung menggunakan modem atau koneksi kabel.

Menurut Webster Dictionary edisi tahun 1913 istilah game didefiniskan sebagai “A contest, physical or mental, according to certain rules, for amusement, recreation, or for winning a stake; as, a game of chance; games of skill; field games, dan yang lainnya.”

Sejarah Game Online

Awal mula kemunculan permainan daring atau game online adalah di tahun 1969. Saat itu dikembangkan permainan untuk dua orang yang bertujuan untuk dunia pendidikan. Dan diawal tahun 1970, terdapat sebuah sistem yang memiliki kemampuan time-sharing, yang disebut Plato.

Diciptakannya sistem tersebut untuk mempermudah siswa belajar secara daring, yang diakses menggunakan komputer. Dua tahun berikutnya, muncullah Plato IV yang menggunakan kemampuan grafik baru yang nantinya bertujuan untuk menciptakan permainan yang bisa dimainkan banyak pemain  secara bersamaan, yang kini disebut sebagai multiplayer games.

Pada tahun 1995, permainan online semakin mengalami perkembangan. Terlihat dari pembatasan  NSFNET (National Science Foundation Network) yang telah dihapus, membuat akes domain lengkap dari internet.

Sejak saat itu, persaingan antar provider game online mulai bermunculan yang membuat game online semakin berkembang hingga saat ini. Kini permainan game online terdiri dari banyak jenis, dimulai dari permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks sehingga membentuk dunia virtual yang ditempati banyak pemain sekaligus.

Jenis Game Online

Permainan game online dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan jenisnya. Berikut ketiga jenis game online yang sudah ada sampai saat ini.

1. Game Online Berdasarkan Jenis Permainan

• Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)

MMOFPS merupakan permainan yang berdasarkan sudut pandang orang pertama. Setiap karakter pada jenis permainan ini berbeda-beda. Game online ini juga melibatkan banyak pemain yang biasanya bergenre peperangan yang dilengkapi senjata militer.

Contohnya: Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.

• Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)

Permainan game online yang satu ini biasanya bertemakan sejarah, dimana setiap pemain dituntut menggunakan strategi dalam menyelesaikan misi yang diberikan.

Contohnya: Age of Empires, Star Wars, Warcraft.

• Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG)

Game online berdasarkan jenis permainan berikutnya adalah Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG). Dengan berperan sebagai karakter-karakter khayalan serta berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama.

Permainan ini membutuhkan sebuah kelompok yang lebih condong ke kolaborasi dibandingkan kompetisi.

Contohnya: Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.

• Cross-Platform Online Play

Jenis permainan online ini dimainkan dari perangkat yang berbeda, seperti  Dreamcast, PlayStation 2, dan Xbox.

Contohnya: Need for Speed Underground.

• Massively Multiplayer Online Browser Game

Massively Multiplayer Online Browser Game atau yang saat ini lebih dikenal dengan game doodle google merupakan permainan online sederhana, tunggal, yang disediakan pihak google dan dapat diakses melalui  Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer.

Contohnya: Pac-Man, Tic Tac Toe, Dino Run, Solitaire, Minesweeper.

• Massively multiplayer online games (MMOG)

Game online berdasarkan jenis permainannya yang terakhir yakni Massively multiplayer online games (MMOG) dimana pemainnya lebih dari 100 orang yang memungkinkan bermain bersamaan.

2. Game Online Berdasarkan Grafis

• 2 Dimensi

Permainan daring 2D termasuk permainan yang ringan dan tidak memberi beban pada sistem. Permainan yang masih menggunakan grafis 2 Dimensi memiliki kelemahan pada kualitas gambarnya yang kurang enak dilihat.

• 3 Dimensi

Dibandingkan grafis 2D, 3D sudah jauh lebih baik hingga tampak mirip dengan aslinya. Secara keseluruhan, permainan online yang menggunakan grafis 3 Dimensi ini memberikan sudut pandang hingga 3600.

Karena memiliki grafis yang sudah lebih bagus dibanding 2 Dimensi, maka spesifikasi komputer yang dibutuhkan akan semakin tinggi juga.

3. Game Online Berdasarkan Cara Pembayaran

• Pay to Play

Kini terdapat sejumlah permainan online dimana setiap pemainnya melakukan pembayaran sebelum bermain. Proses pembayaran bukan ketika game di instal, namun disaat game tersebut harus naik level dengan cepat atau saat membeli item langka pada permainan.

Contohnya: Gunbound, Ragnarok Online, dan Ghost Online.

• Free to Play

Free to play atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai gratis untuk dimainkan merupakan jenis permainan yang tidak membebankan setiap pemainnya dengan biaya apapun.

Contohnya: Subspace,Travian, Terra, dan Crossfire.

Itulah sekilas pengertian dan sejarah kemunculan game online yang saat ini masih bisa dimainkan kapanpun dan dimanapun baik melalui PC, smartphone, Xbox, PlayStation, dan yang lainnya. Semoga bermanfaat dan jangan sampai ketinggalan berita tentang game online lainnya di BIGWIN.