8 Game Online yang Sering Ditandingkan pada Turnamen Esport

BIGWIN – Jangan mengaku seorang gamers jika tidak tahu arti dari setiap istilah-istilah yang ada. Bagi pecinta game online dimanapun berada pasti tidak asing dengan istilah esport didalam sebuah game online. Namun, masih ada juga yang masih belum tahu akan istilah tersebut.

Elektronic sports atau yang lebih dikenal dengan esport adalah jenis olahraga berbasis peralatan elektronik seperti PC, smartphone, PlayStation ataupun Xbox. Esport sering dijadikan sebagai turnamen game online yang diselenggarankan oleh beberapa pihak dari belahan dunia manapun.

Ada banyak genre dan judul game esport yang sudah biasa diikutkan dalam turnamen. Turnamen yang diikut sertakan dimulai dari tingkat kota bahkan hingga mendunia. Dan hadiah yang ditawarkan tidak main-main.

Berikut 8 game online yang sering ditandingkan pada turnamen esport, dan kamu tentunya juga bisa memainkannya kapanpun dan dimanapun. Karena game esport itu sudah bisa diakses melalui smartphone kamu.

1. Mobile Legend

Siapa yang tidak mengenal game moba yang satu ini, salah satu game online yang sampai saat ini masih duduk manis di puncak popularitasnya. Mobile legend yang merupakan game arena pertempuran online (daring) atau sering disebut set-up multiplayer yang dirancang untuk pengguna smartphone.

Game esport yang dikembangkan oleh Moonton dan dirilis pada Juli 2016 ini, beberapa waktu lalu dijadikan turnamen esport di Indonesia tingkat nasional yang memperebutkan Piala Presiden.

Dan masih banyak lagi turnamen yang dilakukan di beberapa wilayah Indonesia dan juga mancan Negara seperti turnamen Mobile Legends Bang Bang South East Asia Cup 2019 (MSC 2019) di Smart Areneta Coliseum Manila, Filipina, yang dimenangkan oleh time sport asal Indonesia, ONIC Esports.

2. Arena of Valor (AOV)

Game moba yang satu ini juga beberapa kali mengikuti turnaman, khususnya di Indonesia. Di tahun 2017, komunitas Garena Indonesia menyelenggarakan turnamen bertema Battle of Valor tingkat nasional dengan hadiah yang fantastik, yakni total sebesar Rp. 1 miliar.

Walau masih baru didunia game online, Arena of Valor (AOV) sudah beberapa kali mengikuti turnamen tingkat internasional. Seperti di Bangkok, Thailand, yang memperebutkan hadiah sebesar Rp. 9,1 miliar.

3. PUBG

PUBG yang merupakan singkatan dari Battlegrounds PlayerUnknown merupakan game esport yang bergenre battle royale, dengan banyak pemain bisa mencapai 100 orang. PUBG yang biasa dimainkan dengan tim, pernah menggelar turnamen PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 (PINC 2019).

Game esport PUBG juga pernah mengikuti turnamen tingkat dunia, dimana tim PUBG Mobile asal Indonesia, Bigetron Esport, mampu berada di posisi ke-5.

4. Fortnite

Game esport yang dilengkapi dengan berbagai mode permainan, baru-baru ini masuk kedalam turnamen game esport yang memperebutkan Piala Dunia Solo Fortnite. Pemenang turnamen itu adalah atlet esport Kyle Bugha Giersdorf, yang berasal dari Amerika.

Remaja 16 tahun ini berhasil memenangkan piala dan uang sebesar US$3 juta atau setara dengan Rp. 42 miliar.

5. Dota 2

Game online esport yang sering diikutkan kedalam turnamen berikutnya adalah Dota 2. Game moba yang satu ini juga cukup diminati gamers asal Indonesia.

Pada tahun 2019, Asia Pacific Predator League yang merupakan turnamen game kelas dunia terbesar berada di Asia Pasifik dan merupakan persembahan dari Acer, telah berhasil menyelesaikan tahanpan kualifikasi di Indonesia. Kualifikasi tersebut berhasik menyisihkan 16 tim PUBG dan 8 tim DOTA 2 terbaik.

6. Counter-Strike: Global Offensive (CS: Go)

Counter-Strike: Global Offensive merupakan permainan video penembak orang pertama yang dimainkan dengan multiplayer yang juga telah mengikuti turnamen hingga tingkat dunia.

Salah satu atlet Indonesia bernama Hansel Ferdinand yang menggunakan nick name BnTeT, telah mendunia dikarenakan memainkan game online yang satu ini.

7. PES

Bagi pecinta sepakbola dan juga gemar bermain game esport, ini adalah sebuah kabar gembira karena konami mengeluarkan Pro Evolution Soccer (PES) update. Dimana kamu dapat memainkan game esport ini menggunakan pemain legenda sepak bola dunia.

PES adalah game yang diadaptasi dari pertandingan sepak bola, serta masih satu-satunya game efootball yang diikutkan dalam turnamen secara eksibisi pada gelaran Asian Games 2018 di Indonesia.

8. Point Blank

Game online esport yang sering diikutkan kedalam turnamen yang terakhir adalah Point Blank. Video game yang memiliki tampilan simulasi melalui mata karakter yang dimainkan atau berdasarkan sudut pandang orang pertama, banyak di gandrungi remaja yang ada di Indonesia.

Beberapa tim yang berasal dari Tanah Air, juga sudah merajai Kejuaraan Dunia Esport Point Blank World Challeng 2019 (PBWC 2019) yang dilaksanakan di Moskow, Rusia.

Itulah kedelapan game online yang sering ditandingkan pada turnamen esport dan bisa kamu mainkan untuk merasakan sensasi yang diberikan. Semoga bermanfaat dan jangan sampai ketinggalan informasi tentang game online lainnya di BIGWIN.